IMG-LOGO

Sejarah Desa Plosogede Ngluwar

Create By 26 August 2016 2 Views

Sejarah Desa


      Belum diketahui secara pasti tentang awal mula sejarah keberadaan Desa Plosogede, tetapi menurut cerita yang digali dari berbagai sumber dan sesepuh masyarakat bahwa Desa Plosogede sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, ini dibuktikan oleh beberapa bangunan tiang jembatan yang dulunya adalah jalan lori/kereta api pengangkut hasil bumi/hasil perkebunan. Sampai sekarang bangunan tersebut masih ada tetapi tidak difungsikan oleh masyarakat.  Bukti lainnya adalah tokoh/pimpinan desa pada saat itu adalah seseorang yang bergelar „Ndoro Denmas“, dia sebenarnya seorang keturunan jawa tetapi mendapat kepercayaan daripemerintah kolonial belanda untuk memegang kuasa di wilayah tersebut. Menurut cerita, pada waktu itu Ndoro Denmas bertempat tinggal di Dusun Druju Tegal. Setelah terjadi perkembangan zaman seseorang orang yang dijadikan tokoh tersebut konon meninggalkan wilayah ini dan pergi ke tanah Sumatera.
Nama Plosogede mulai dikenal sejak masa pemerintahan seseorang yang tidak diketahui namanya secara jelas, beliau tinggal di Dusun Ploso Wetan. Masa pemerintahannyapun tidak diketahui dari tahun berapa sampai berapa. Akan tetapi beliau dikenal sebagai orang yang kaya harta benda dan tanah.
Sedangkan kata „Plosogede“ berasal  dari kata „Kemploso“ dan „Gede“. Kemploso artinya keras (atos – jawa) dan Gede artinya besar. Jadi secara harfiah artinya besar dan keras.
Nama itu diambil dari keadaan alam yang mana dahulu di Sungai Ingas terdapat batu besar dan karakteristiknya  sangat keras. Tidak ada yang berani mengutak utik batu tersebut.
Karena sifat kekhasan batu tersebut  maka diabadikan untuk dijadikan nama wilayah desa menjadi Plosogede dan sampai sekarang masih tetap dipakai sebagai nama wilayah desa dan secara administrasi masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang.
 
Tokoh-tokoh yang pernah menjabat Kepala Desa Plosogede :
1.    Bapak R. PARTO DIDJOJO    (Dsn. Dongkelan)  Tahun 1900 – 1923.
2.    Bapak R. HARDJO SUMARTO   (Dsn. Karang Sanggrahan)  Tahun 1923 – 1936.
3.    Bapak R. HADI SUPRAPTO (Dsn. Dongkelan)  Tahun   1936 – 1975.
4.    Bapak SUPANGKAT  (Dsn. Druju Tegal)     Tahun 1975 – 1995.
5.    Bapak R. HARTONO (Dsn. Dongkelan)      Tahun 1995 – 2007.
6.    Ibu SALAMAH (Dsn. Ganjuran)       Tahun 2007 –  2019.


IMG
IMG
IMG